Apakah Anda Benar-benar Seorang Pembaca?

Gambar : Salah satu halaman perpustakaan digital

Apakah Anda seorang maniak membaca? Atau seorang "kutu buku" yang sehari-hari menghabiskan waktu dengan membaca buku? Entah buku apa saja, baik fiksi maupun non fiksi. Tentu kebutuhan akan bahan-bahan bacaan menjadi semakin besar, bukan?

Hoby membaca memang sungguh mengasyikkan, tak hanya mengasyikkan karena dengan hoby membaca hari-hari kita diisi dengan rutinitas yang penuh manfaat. Kita bisa menambah ilmu baru, membuka jendela kehidupan di belahan dunia lain dan tentu saja bisa meningkatkan kemampuan kita secara individu. Semua bisa kita dapatkan dari membaca buku. Buku adalah pengantar pengetahuan kita sebelum benar-benar menjelajah dunia yang lebih nyata. Paling tidak dengan buku, rasa penasaran yang menyelimuti perasaan dapat terobati dengan kehadirannya.

Karena mengasyikkan dan membawa manfaat bagi ketenangan batin, maka sebuah buku pun acap kali diburu hingga tak terbatas jarak dan waktu. Mereka rela menghabiskan waktu dan uang yang tidak sedikit, demi memenuhi hasratnya untuk membaca.

Buku bisa menjadi inspirator bagi pembacanya, dan buku pun bisa mengubah kehidupan umat manusia. Dalam Islam Al-Qur'an disebut dengan Al Kitab artinya Buku, Atau Holly Book, disebut Kitab Suci. Dan Al-Qur'an menjadi satu-satunya buku yang menjadi petunjuk serta pengubah kehidupan umat manusia.

Menurut bahasa, arti Al-Qur'an adalah Bacaan. Maka dari itu, sebagai seorang yang beragama Islam semestinya perbanyak membaca Al-Qur'an. Di sanalah jendela kehidupan yang sesuai dengan fitrah manusia sebagai hambat Tuhan, Allah SWT. Karena dengan membacanya manusia menjadi tenang dan lapang hatinya. Dan di sanalah puncak dari kemukjizatan dari Al Qur'an itu sendiri.

Al-Qur'an adalah buku suci yang berisi kumpulan firman-firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW agar menjadi petunjuk kepada seluruh umat manusia. Bukan sekedar tulisan yang berbahasa Arab, tapi lebih itu adalah pintu gerbang di mana setiap orang akan menemukan hakekat kehidupan yang sebenarnya.

Kitab suci dibaca untuk dimengerti dan diamalkan, karena mengerti dan mengamalkan maka seseorang yang sudah mencintainya dan memedomaninya dalam kehidupan sehari-hari maka kehidupannya akan lebih teratur, terarah dan tidak asal-asalan. karena ada Tuhan  yang Maha Kuasa yang memberikan petunjuk yang benar dan lurus bagi keselamatan kehidupan umat manusia.

Begitu pula dengan buku-buku lain yang sejatinya banyak memberikan pengetahuan dan memberikan inspirasi. Namun demikian, bagi penulis Al-Qur'an lah pedoman hidup yang sesungguhnya. Pedoman dalam beragama dan bagaimana membangun interaksi sosial. Pedoman bagaimana meraih cita-cita terbaik sebagai seorang hamba Tuhan. Sedangkan dalam bernegara, Pancasila dan UUD 45 menjadi pondasi bagaimana menjadi warga negara yang baik tentunya.

Terlepas dari semua buku yang ada, seiring perjalanan waktu, ternyata buku-buku yang berupa lembaran-lembaran kertas itu sudah berubah bentuk. Saat ini tulisan dalam kertas itu sudah bertransformasi menjadi lebih modern, yaitu buku elektronik atau digital book. Atau dalam bahasa gaulnya disebut e-book. Buku yang disajikan dengan perantara internet agar semua orang bisa mengakses, mengunduh dan membaca secara on-line. Meski tidak semua yang online itu bisa dibaca secara gratis, tetapi, manfaat buku elektronik itu menjadi lebih kaya dan bisa diakses oleh semua kalangan dan di belahan dunia mana pun.

Peminat buku tak harus jauh-jauh pergi ke Aceh jika ingin membaca tentang sejarah Aceh, atau ke Amerika jika ingin membaca tentang sejarah museum di negara itu. Karena semua sudah tersedia secara online dalam buku elektronik tersebut. Yang pasti, semua buku itu sudah ter-cover secara online sehingga bisa dengan mudah di akses. Yang penting punya akses internet, maka semua bisa dilakukan. Hambatannya adalah di daerah pedalaman yang sulit mengakses lantaran tidak memiliki jaringan internet.




Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, buku versi digital memberikan kemudahan mengakses buku secara gratis

Sudahkah Anda tahu juga bahwa saat ini pemerintah sudah membuat sebuah perpustakaan digital? Mudah-mudahan sudah ya? Karena perpustakaan digital sudah menjadi trend, maka kebutuhan akan buku yang bisa diakses melalui komputer maupun gadget pun saat ini sudah tersedia. Kemudahan tersebut bisa Anda dapatkan di situs http://e-resources.perpusnas.go.id.

Situs milik pemerintah yang berkaitan dengan layanan membaca buku itu menyediakan aneka genre buku dengan penerbit dan negara yang berbeda pula. Seperti buku yang berisi tentang budaya dan keindahan panorama Indonesia disusun oleh Indonesia Heritage Digital Library yang memuat aneka buku yang berkaitan dengan kekayaan budaya di Indonesia. Meskipun belum semuanya terangkum di dalamnya, paling tidak sudah menjawab rasa penasaran akan buku-buku yang diinginkan.
Beberapa nama penerbit yang ikut menjadi sponsor Perpustakan Nasional RI


Ada pula buku yang diterbitkan oleh Alexander Street Press yang memuat buku-buku terbitan luar negeri. Dan masih banyak lagi penerbit-penerbit lain  yang turut mendukung terbentuknya situs perpustakaan digital di Indonesia ini.

Aneka buku digital yang tersedia dalam situs tersebut hakekatnya bisa membantu siapa saja yang ingin menjadikan referensi atau rujukan penelitian, karena selama ini para dosen, mahasiswa maupun guru mengalami kesulitan ketika harus mencari sumber bacaan pendukung penelitiannya. Nah, dengan menjadi salah satu member di e-resources perpusnas.go.id tentu masalah tersebut dapat teratasi.

Bagaimana menjadi member Perpustakaan Republik Indonesia versi digital ini?

Penulis belum lama menjadi member dari perpustakaan digital ini, kira-kira sebulan baru mendaftarkan diri. Ide untuk mendaftarkan diri diperoleh dari seorang sahabat melalui WA. Karena tertarik maka saya mencoba dan ternyata sukses menjadi member.

Untuk menjadi member caranya :

1.Mendaftarkan diri menjadi member

Anda bisa mendaftarkan diri melalui http://keanggotaan.pnri.go.id, atau dengan mengunjungi gedung layanan Perpusnas di Jalan Salemba Raya 28 Jakarta Pusat / Jalan Merdeka Selatan 11 Jakarta Pusat.

2. Mengisi biodata yang sudah disediakan sampai selesai
3. Kalau sudah mendaftar Anda akan mendapatkan kode pasword yang bisa dibuka setiap kali Anda ingin mengakses perpustakaan tersebut dengan membuka situs http://e-resources.perpusnas.go.id/



4. Anda sudah menjadi anggota yang siap-siap menelan semua konten buku sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda.

Selamat mencoba ya!

Salam






Komentar