Olimpiade Sains Nasional Antara Kecerdasan dan Character Building (Pembentukan Sikap)


Oleh M. Ali Amiruddin, S.Ag.


OSN (Olimpiade Sains Nasional) di Manado Provinsi Sulawesi Utara telah dicanangkan pemerintah dan kini masih berlangsung dari tanggal 11 s.d 15 September 2011 meski yang per bagi anak berkebutuhan khusus (SLB) khususnya SMALB dan pertama dilaksanakan hal ini memberikan angin segar terhadap upaya nyata dalam membuka dan memperkecil pandangan bahwa anak-anak Luar Biasa tidak dapat berdaya guna dan melakukan apa-apa bagi kehidupan mereka. 

Sebagaimana sebagian masyarakat yang belum mengerti dan memahami hakekat anak luar biasa memandang mereka sebagai orang kedua karena keterbatasannya ternyata mulai memiliki tempat yang setara di negeri ini sebagai bagian dari anak-anak negeri yang berhak mendapatkan perhatian.






Ini terbukti ketika diadakan event-event yang sama, baik tingkat lokal maupun nasional, muncul beberapa anak yang memiliki bakat istimewa yang ternyata selama ini belum muncul kepermukaan, disebabkan kurang koncernnya sebagian masyarakat lebih khusus orang tua untuk mendorong anak-anak mereka menjadi lebih baik dan maju, bahkan di level internasional pun anak-anak SLB (anak luar biasa) dapat menjuarai berbagai even perlombaan dengan mengalahkan pesaingnya dari negera-negara maju.

Kenyataan ini mestinya memberikan motivasi kepada orang tua dan pelaku pendidikan pada khususnya untuk lebih memperhatikan sarana dan prasarana yang menunjang pencapaian prestasi anak-anak luar biasa khususnya dalam bentuk perlombaan seperti halnya OSN (Olimpiade Sains Nasional) PK-LK.

Pendidikan sains melatih anak untuk selalu jujur, teliti, disiplin dan konsekwen dalam sikap yang mestinya dimanifestasikan dalam kehidupan ketika hidup bersama masyarakat di sekelilingnya dan ini akan menjadi pondasi yang kuat bagi anak dan sekaligus menjadi jiwa yang baik bagi perkembangan kedewasaan..

Ada beberapa segi manfaat di adakan even-even perlombaan, di antaranya:
  1. Ada bentuk kepedulian bahwa anak-anak luar biasa tetap perlu mendapatkan tempat yang sama di mata masyarakat.
  2. Pengalaman siswa dalam even perlombaan dari segi prestasi semakin menaingkatkan motivasi siswa untuk selalu meningkatkan kemampuannya dalam bidang pengetahuan tertentu.
  3. Sains mengajarkan siswa untuk mencintai alam, termasuk manusia termasuk makhluk yang mendiami alam semesta.
  4. Anak akan lebih mengenal Tuhannya dengan demikian akan terpatri dalam hati dengan pengalaman diperoleh secara langsung akan dimanifestasikan dalam kehidupan bermasyarakat dengan menjunjung nilai-nilai kemanusiaan dan kebersamaan.
  5. Bertemunya anak-anak luar biasa dalam satu even memberikan kesempatan mereka bersosialisasi dengan teman-teman lainnya yang dengan demikian akan tercipta hubungan saling harmonis dan memupuk rasa persaudara bersama satu bangsa di tengah hiruk-pikuknya perbedaan pandangan masyarakat Indonesia. 

Dengan demikian semua berharap bahwa pelaksanaan OSN (Olimpiade Sains Nasional) tidak hanya sebagai ritual tahunan yang hanya menghabiskan uang negara, akan tetapi benar-benar akan menjadikan anak-anak negeri ini mencintai alam semesta dan semakin terpacu untuk menggali lebih dalam akan hakekat dan rahasia-rahasia Tuhan yang ada dalam penciptaannya. semoga.... 

divine-music.info

divine-music.info



divine-music.info






Komentar