Psikiatri Anak

Psikiatri Anak (child psychiatry) adalah "the branch of psychiatry that deals with the diagnosis, treatment, and prevention of mental and emotional disorders in children".
The American Heritage® Medical Dictionary Copyright © 2007, 2004 by Houghton Mifflin Company. Published by Houghton Mifflin Company.


Dalam ilmu kedokteran, psikiatri anak relatif masih sangat muda dan baru diakui sebagai suatu subspesialisasi dalam psikiatri dewasa sejak kira- kira 25 tahun yang lalu, meskipun sebenamya psikiatri anak sebagai ilmu tidak berkembang dari psikiatri dewasa. Demikian juga ia tidak berkembang dari pediatri. Dalam perkembangan psikiatri anak, pediatri sama sekali tidak mengambil bagian. 

Berbeda dari psikiatri dewasa, kepribadian seorang anak masih sedang tumbuh dan berkembang, sehingga tingkah laku-nyapun akan berubah-ubah sesuai dengan tahap perkembang- annya. Juga seorang anak tidak dapat dianggap sebagai seorang individu tersendiri oleh karena ia masih sangat tergantung dari orang-orang di sekitamya, terutama orang tuanya. 

Kelainan tingkah laku yang dialami oleh anak biasanya lebih cepat di- rasakan oleh orang-orang di sekitarnya, sedangkan si anak sendiri mungkin tidak merasa terganggu oleh tingkah lakunya. 


Psikiatri anak mempelajari kelainan-kelainan tingkah laku yang timbul pada anak dan remaja, mencari penyebab dari timbulnya kelainan tersebut, dan kemudian melakukan terapi, yaitu mencoba mengubah tingkah laku anak yang menyimpang tadi menjadi normal kembali. 

Untuk dapat mengerti tingkah laku anak yang normal dan membedakannya daripada tingkah laku yang menyimpang, maka sangatlah penting untuk mempelajari secara mendalam tentang: 


  1. Perkembangan anak secara fisik, emosional, sosial maupun intellektual, sejak ia dilahirkan sehingga akhirnya menjadi manusia yang dewasa. 
  2. Peranan keluarga. Dalam perkembangan seorang anak peran keluarga sangat besar artinya dan mempunyai pengaruh yang timbal balik dengan tingkah laku sianak. 
  3. Lingkungan sosiokultural dimana si anak dibesarkan juga mempunyai pengaruh yang penting dalam pembentukan kepribadian seorang anak. Oleh karena itu psikiatri anak berhubungan erat dengan ilmu-ilmu sosial yang lain. 
  4. Pengetahuan mengenai penyakit organis maupun psikis yang secara langsung maupun tak langsung dapat mengaki- batkan gangguan mental/tingkah laku. 
PERKEMBANGAN ANAK 
 
Seperti telah disebutkan di atas, untuk dapat menilai apakah tingkah laku seorang anak itu normal, maka diperlukan suatu pengetahuan yang mendalam mengenai perkembangan anak. Para ahli berpendapat bahwa setiap anak dalam perkem- bangannya ke arah dewasa melalui tahap-tahap perkembangan 

Sumber : anakluarbiasa.com

Komentar