Serunya Karnaval HUT RI Ke-70 Siswa SLBN Metro Lampung

Serunya Karnaval HUT RI ke-70 Siswa SLBN Metro Lampung
Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-70 ini sungguh lebih bermakna bagi keluarga besar SLB N Metro Lampung. Tak hanya seperti tahun-tahun sebelumnya, karena di tahun ini kemeriahan menyambut hari bersejarah lepasnya Indonesia dari jajahan asing ini semakin semarak. Biasanya hanya berisi lomba-lomba antar siswa, kini, anak-anak ini mengisinya dengan karnaval sebagai wujud kebahagiaan karena telah diberikan nikmat kemerdekaan dan mengisinya dengan sesuatu yang bermanfaat.
Tepatnya di pagi hari, Sabtu, 15 Agustus 2015, anak-anak berkebutuhan khusus bersama para guru tumpah ruah di sekolah dan di sepanjang jalan Sumbersari Bantul ini dengan aneka riasan yang tak kalah serunya dengan pesta menyambut Hari Proklamasi yang diadakan oleh masyarakat pada umumnya.

Sekian hari melakukan persiapan yang cukup matang tapi sederhana, maka di hari itu anak-anak benar-benar berani unjuk gigi dengan aneka penampilan tak kalah dengan anak-anak lainnya. Bahkan menurut pengamatan kami, ketika anak-anak berkebutuhan khusus ini turun ke jalan dengan aneka riasan, ternyata kemeriahannya tak kalah jauh dari sekolah umum lainnya.
Meriahnya karnaval SLBN Metro 2015 (doc. pribadi)
Karnaval ini hakekatnya adalah puncak dari kegiatan lomba yang diadakan bagi anak-anak SLB N Metro. Dan tentu saja tujuannya agar mengingatkan serta memupuk kembali semangat persatuan dan kesatuan di saat Indonesia tengah diterpa oleh isu perbedaan dan pertikaian. Apalagi selama ini anak-anak berkebutuhan khusus sedikit banyak menjadi bagian yang dianggap berbeda oleh sebagian orang. Nah, dengan event semacam ini, tentu menjadi saat yang tepat untuk menunjukkan jati diri bahwa anak-anak berkebutuhan khusus pun bisa seperti lainnya.
Mereka memiliki negeri ini dan berhak mencintai serta merawatnya meski dalam perbedaan di mana-mana. Itulah misi adanya perlombaan dan karnaval (pawai) yang digelar meski dengan persiapan yang ala kadarnya.
Meriahnya karnaval SLBN Metro 2015 (doc. pribadi)
Prinsipnya, anak ABK adalah anak-anak yang juga bisa menjadi bagian dari bangsa ini. Mereka mampu berkiprah dan berjuang serta membangun bangsa ini dengan kemampuan yang dimiliki. Tak mau terpaku serta menonton saja gegap gempita menyambut hari kemerdekaan itu.
Dan seperti biasa, karnaval itu sebenarnya puncak dari seabrek kegiatan yang telah dilaksanakan di hari-hari sebelumnya. Tak perlu bermodal besar, yang penting kami puas bahwa ternyata kami ada dan bisa berdaya guna serta ikut andil dalam meriahnya pesta kemerdekaan itu.
Di antara mereka, terlihat ada yang memakai pakaian adat, ada yang memakai pakaian kerja, Pramuka, pakaian seni bela diri dan lain sebagainya yang juga semakin membuat semarak kegiatan tersebut.
Persiapan karnaval siswa SLBN Metro Lampung (doc. pribadi)
Tak hanya anak-anak yang turut serta dalam karnaval itu, karena para orang tua pun turut antusias mendampingi sekaligus larut dalam sukacita perayaan kemerdekaan itu. Bukti bahwa orang tua anak-anak ABK juga ingin menunjukkan bahwa mereka peduli pada anak-anak luar biasa, seperti halnya anak-anak pada umumnya yang bisa menjadi kembangga bagi orang tua mereka.
Akhirnya, perayaan HUT RI ke 70 ini menjadi moment penting untuk menyatukan kembali semangat persatuan dan kesatuan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
Selepas kegiatan karnaval akhirnya panitia memberikan hadiah kepada peserta yang paling antusias dan unik sebagai penghargaan atas kreatifitas mereka dalam memeriahkan acara karnaval.
Salam



Komentar