Benarkah Tribunnews[dot]com Dihack atau Dibajak?

Tangkapan layar tribunnews.com (dokumen pribadi)


Baru kali ini mata saya terbelalak atau dibuat kaget, lantaran sebuah situs atau media berita online nasional sudah tidak bisa dibuka. 

Situs berita online tersebut adalah Tribunnews.com dengan alamat https://www.tribunnews.com/regional/2020/11/09/dapat-bantuan-bedah-rumah-dari-pemerintah-keluarga-ini-tak-punya-uang-untuk-bayar-tukang-bangunan

Saya tidak sengaja membuka-buka situs atau berita, lantaran penasaran dengan informasi bahwa bantuan bedah rumah yang berasal dari pemerintah justru membuat satu keluarga bercerai. Alasannya karena tidak mampu membayar ongkos tukang bangunan.

Entah sejak kapan kejadian ini saya kurang begitu mengetahui, lantaran tak sengaja ketika berselancar di dunia maya dan bertanya-tanya terkait bantuan bedah rumah, ternyata beritanya sudah tidak bisa diakses. Dan anehnya lagi di halaman berita itu muncul tayangan yang tidak biasa dengan tulisan Hacked By Astarganz dan ditengahnya tertulis "Aku menyukai seseorang sayangnya keduluan :(.  Sedangkan di akhir gambar tertulis @Exploiters-Team!-GalauCrew-Mr.BlackX12.

Melihat situs yang terkenal ini diretas, saya menduganya karena ada pihak yang iseng atau ngerjain lantaran beritanya terlihat menyudutkan pihak tertentu atau memiliki tendensi bahwa bantuan pemerintah yang seharusnya untuk membantu warga miskin yang butuh rumah, ternyata harus mengalami kenyataan pahit harus cekcok dan berujung pada perceraian.

Sejak pertama kali tulisan ini ditayangkan, saya belum melihat membaca rilis dari pihak Tribunnews..com apakah status peretasan itu murni karena iseng atau karena faktor lain. Dan ketika saya buka kembali statusnya masih sama dan belum pulih seperti sedia kala.

Semoga saja tribunnews.com segera pulih dari peretasan. 

Link:

https://www.tribunnews.com/regional/2020/11/09/dapat-bantuan-bedah-rumah-dari-pemerintah-keluarga-ini-tak-punya-uang-untuk-bayar-tukang-bangunan




Komentar